Thursday, November 1, 2012

Dampak Pelanggaran Hak Cipta Teknologi Informasi

Dampak Negatif Dari PELANGGARAN HAK CIPTA Teknologi Informasi

DAMPAK NEGATIVF DARI TIK " PELANGGARAN HAK CIPTA "

Pembajakan perangkat lunak (software) dan CD (Compact Disk) muik secara ilegal dapat digandakan dengan mudah dan cepat dengan mengunakan media komputer. Program program yang dijual dalam bentuk CD sangat mudah umtuk digandakan dan dijual kembali secara tidak sah. Tindakan program pembajakan program komputer sangat marak di dunia.

Indonesia merupakan Negara dengan salah satu pembajakan tertinggi di dunia. Untuk itulah , pemerintah memberikan hak khusus kepada penemu atas hasil temuannnya berupa hak paten dan melindungi hak cipta perangkat lunak (software). Paten adalah hak khusus yang diberikan negara kepada penemu atas hasil penemuannya dibidang teknologi untuk selama waktu tertentu memakai sendiri penemuan tersebut atau memberikan persetujuan kepada orang lain untuk memakainya.

Tahun 1999 merupakan tahun dimana banyak yang mengajukan permintaan paten yaitu 438 permintaan paten PT. Telekomunikasi Indonesia merupakan lembaga yang aktif untuk menciptakan produk yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Hak cipta atas program komputer tersebut telah didaftarkan pada Direktorat Jendral Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

Sumber: http://putmer.blogspot.com/2012/02/dampak-negatif-dari-tik-pelanggaran-hak.html

No comments:

Post a Comment